Beranda News hukum kriminal Usai Masa Pemeliharaan, Rehab SDN 1 Kamonji Kota Palu Dibidik Polisi

Usai Masa Pemeliharaan, Rehab SDN 1 Kamonji Kota Palu Dibidik Polisi

54
0

Palu,Portalsulawesi.com- Proyek pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kamonji tahun 2019 yang sempat menuai kontroversi mulai masuk ranah hukum,aparat penegak hukum dari Satreskrim Polres Palu telah memeriksa semua fihak yang terkait dengan pembangunan tersebut.

Proyek yang bidik adalah pembangunan dua RKB, anggarannya mencapai Rp1,91 miliar lewat pos APBD Tahun 2019 ,proyek ini dikerjakan oleh CV Barokah.

Sekolah tersebut terletak dijalan Jambu Kelurahan Kamonji Kecamatan Palu Barat dan berada satu kompleks dengan SDN 12 Palu.

Kebenaran informasi terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik dari unit Krimsus Polres Palu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi  kepada portalsulawesi,menurutnya fihaknya sudah mendapatkan informasi terkait pemeriksaan tersebut.

“Iya sudah dan saat ini dalam proses lidik ” jelas Ansyar Sutiadi menjawab pertanyaan redaksi portalsulawesi lewat obrolan diaplikasi WhatsApp.

Sebelumnya ,pihak Kejaksaan Palu pernah berencana melakukan pemeriksaan terhadap Proyek pembangunan 2 Ruang Kelas Belajar (RKB) yang nilainya fantastis tersebut,sayangnya kala itu proyek sedang dalam proses pemgerjaan sehingga ditunda pemeriksaannya.

Mantan Kasi Intel Kejari Palu, Agus SH saat dihubungi portalsulawesi mengakui fihaknya baru sebatas pengumpulan bahan keterangan (pulbaket ) dan pengumpulan data (Puldata).

“Maaf sodara,saya sudah pindah di Kejari Parepare,terkait masalah pembangunan SDN 1 Kamonji tahun 2019 itu kami dulu sebatas pulbaket dan puldata dikarenakan masih proses pelaksanaan pekerjaan kala itu ” ungkap Agus.

” kami sudah diperiksa krimsus,pekerjaan itu sudah memasuki akhir masa pemeliharaannya ,sudah FHO ” ungkap sumber yang meminta identitasnya jangan dimediakan.

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Kepolisian Resor Palu terkait hal ini,Kasatreskrim Polres Palu, Iptu Sigit yang coba dikonfirmasi lewat Aplikasi WhatsApp belum merespon.

Dalam sebuah proses pekerjaan ,Serah Terima Sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO) atau Serah Terima Pertama Pekerjaan adalah suatu kegiatan serah terima dari seluruh pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh penyedia jasa kepada direksi pekerjaan,

Sedangkan serah terima akhir pekerjaan (Final Hand Over-FHO) adalah suatu kegiatan serah terima akhir pekerjaan dari penyedia jasa kepada direksi pekerjaan setelah penyedia jasa menyelesaikan semua kewajibannya selama masa pemeliharan,biasanya waktunya enam bulan terhitung dari tanggal berakhirnya Surat Perintah Kerja (SPK) atau Kontrak.***

Penulis : Tim

Editor    :Heru