Beranda News hukum kriminal Polisi Bidik Pengelola Tambang Pasir ilegal Dengan modus Usaha Bumdes di Koromatantu

Polisi Bidik Pengelola Tambang Pasir ilegal Dengan modus Usaha Bumdes di Koromatantu

294
0
BERBAGI
Ilustrasi Tambang Pasir Ilegal (ist/Net)


Morut.Portalsulawesi.com- Aktivitas pertambangan pasir di Desa Koromatantu memasuki tahap baru,sejumlah pihak yang diduga mengetahui kegiatan penambangan liar ini mulai diperiksa polisi.

Polres Morowali Utara telah melayangkan surat pemanggilan kepada Kepala Desa ,Ketua Bumdes serta Bendahara Bumdes Koromatantu  untuk dimintai keterangan,surat panggilan untuk dimintai keterangan  bernomor B/51/1/Res.1.24/2020/Satreskrim tertanggal 14 Januari 2020 telah dilayangkan kepada para pihak yang diduga kuat mengetahui Aktivitas tambang Pasir Ilegal tersebut.

Bendahara Bumdes Koromatantu,Dewi ,kepada Portalsulawesi mengakui bahwa dirinya menerima surat panggilan untuk dimintai keterangan terkait keberadaan usaha penyedotan pasir di desa Koromatantu  yang mengatas namakan Bumdes,dimana aktivitas tambang pasir tersebut telah membuat resah masyarakat Desa Koromatantu.

“iya,saya sudah mendapat surat panggilan untuk dimintai keterangan di Polres terkait keberadaan aktivitas Tambang Pasir illegal di Koromatantu “ aku Dewi .

Kasat reskrim Polres Morut,AKP Ferdinand Esau Numbery mengakui kasus ini dalam proses penyelidikan pihaknya, “ nanti kalau sudah proses Sidik,baru kita ekspose “ akunya.

Polres Morowali Utara membidik kegiatan pertambangan pasir illegal di Desa Koromatantu karena diduga tidak memiliki IUP, IPR atau IUPK sebagaimana diatur dalam pasal 158 Undang Undang No. 04 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Kegiatan pertambangan tersebut disinyalir hanya mengatas namakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Koromatantu Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali,pertambangan pasir yang memanfaatkan sumber daya alam di desa tersebut diduga dibekingi sebuah perusahaan besar di Morowali Utara.

Dari sumber yang tepercaya, Dugaan keterlibatan Oknum Aparat Desa dan Bumdes Koromatantu dalam aktivitas pertambangan illegal di Desa Koromatantu,bahkan sejumlah Pihak meminta Sumber untuk diam dan “duduk manis “ dipersoalan pemanfaatan sumber daya alam khususnya pengelolaan tambang pasir .

“saya diminta diam ,padahal saya tau ratusan kubik pasir tiap hari keluar dari desa Koromatantu hasil pertambangan dengan mengatasnamakan Bumdes “ kata sumber. ***

Penulis : Heandly mangkali

Editor   : Heru


BERBAGI