Beranda lipsus Padi Peninggalan Leluhur Muna, Bakal Dipatenkan Pemerintahan Rusman Emba

Padi Peninggalan Leluhur Muna, Bakal Dipatenkan Pemerintahan Rusman Emba

540
0
BERBAGI
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Muna La Ode Anwar Agigi (tengah), penanggung jawab kegiatan pendaftaran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sultra Sarjoni (kiri ujung), Foto : La Ode Alim


Sultra-Muna, Portalsulawesi.com Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna dibawah Bupati LM Rusman Emba, bakal mematentankan Padi lokal Muna bernama varietas Pae Wani Hati.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Muna La Ode Anwar Agigi mengungkapkan, Padi Pae Wani Hati ini merupakan padi peninggalan leluhur kita orang Muna yang dikembangkan secara turun temurun, sehingga kita ingin mendaftarkan sebagai hak paten milik Pemda Muna.

“Kepentingannya, selain untuk melindungi plasmanutfa, juga untuk nilai ekonomi terhadap varietas itu. Kemudian kita kembangkan dan dipasarkan sudah memiliki nilai dari hak paten itu sudah terdaftar milik Muna,” kata Anwar dalam keterangan Persnya, selasa (11/2/2020) di kantornya.

Dia melanjutkan, kita tidak akan memproduksi beras, kalau tidak ada benih padi, melalui kementerian pertanian merespon baik kegiatan ini, semoga ini era baru bagi kemajuan Muna.

Bukan hanya padi yang kita daftarkan, mente juga sudah kita lakukan, tambahnya.

Dibawah pemerintahan Bupati Muna LM Rusman Emba, begitu antusias untuk mendaftarkan varietas padi Pae Wani Hati peninggalan leluhur kita orang Muna, dengan mengirim surat ke pusat sebagai syarat terlebih dahulu.

“Dalam hal ini, LM Rusman Emba mendukung penuh dan menjadikan benih padi varietas Pae Wani Hati kebanggan tersendiri bagi kita orang Muna,” ungkapnya.

Dalam kesempatan mengunjungi kator Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Muna, penanggung jawab kegiatan pendaftaran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sultra yang bekerja dibawah kementrian pertanian Sarjoni mengungkapkan, kita datang kedinas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan kabupaten Muna, dalam rangka mendaftarkan sumberdaya genetik yang ada di kabupaten muna khususnya masalah padi.

“Karena sudah diajukan di Pusat, makanya kita datang kesini untuk meninjau, karena jangan sampai varietas padi Pae Wani Hati ini punah atau bisa diklaim oleh daerah lain,” katanya.

Dia menuturkan, pendaftarannya sudah siap, tinggal kesiapan dokumennya yang akan ditanda tangani oleh Bupati Muna LM Rusman Emba, nanti penilainnya oleh pihak kementrian pertanian.

“Tujuannya selain pelestarian, juga untuk mempatenkan bahwa varietas padi Pae Wani Hati, milik muna, pendaftaran ini juga, mesti didorong untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Laporan : La Ode Alim