Beranda lipsus KPUD Morut Alokasikan Setengah Milyar Untuk Dana Publikasi Pilkada Serentak 2020

KPUD Morut Alokasikan Setengah Milyar Untuk Dana Publikasi Pilkada Serentak 2020

19
0
Ketua KPU Morut Yusril Ibrahim (tengah) bersama para pewarta usai menandatangani MoU di Kolonodale, Sabtu (22/02/2020). {Ist}

Kolonedale,Morut ,Portalsulawesi.com– Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Morowali Utara kembali mengumumkan ke Publik rincian Anggaran Publikasi untuk Pilkada serentak Tahun 2020,langkah penyelenggara Pemilu ini merupakan sebuah cerminan transparansi penggunaan anggaran yang menjadi tanggung Jawabnya untuk dikelola secara Maksimal ,benar dan Transparan.

Ketua KPUD Morowali Utara,Yusri Ibrahim mengundang semua media yang telah memasukkan proposal penawaran kerjasama ke pihaknya untuk membahas Alokasi dana Publikasi,kegiatan yang dilaksanakan di Kantor KPUD Morowali Utara dilaksanakan Sabtu (22/02/2020).

Pada perhelatan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020 ini,KPUD Morowali Utara mealokasikan Dana Publikasi senilai Rp.507 Juta,alokasi ini meliputi pembiayaan pemberitaan,Publikasi tahapan serta Iklan Pilkada hingga akhir tahapan Pilkada.

“Pagu Anggaran Publikasi kami alokasikan 507 Juta Rupiah sesuai RKA ,harapannya dapat dikelola secara transparan dan akuntabel hingga akhir tahapan Pilkada “ pesan Yusril Ibrahim dihadapan sejumlah perwakilan Media.

Yusril berharap media selaku mitra KPU dalam menyebar luaskan informasi dapat intens menyosialisasikan tahapan pilkada sekaligus untuk mendukung transparansi pemilu.

“Ini untuk mendukung prinsip kerja kita yang transparan karena menyebarluaskan itu bukan hanya informasi-informasi seperti kegiatan sosialisasi aja, tapi juga menyebarkan informasi tentang hasil pemungutan dan perhitungan suara. Kemudian rekapitulasi hasil perhitungan suara,” ungkapnya.

Kerja sama tersebut terkait penyedia data dan kerja sama pemilu. KPU menginginkan agar media-media membantu menyebarluaskan informasi tentang pilkada Morut,bahkan informasi dari media nantinya diharapkan akan dapat membantu kerja kerja KPU dalam mengoreksi hasil Pemilu.

Pada perhelatan Pilkada Serentak 2020 ini,KPUD Morowali Utara melakukan kerjasama dengan empat Media Cetak dan delapan media Online ,media yang menerima kerjasama publikasi ini adalah media yang memiliki perwakilan atau wartawan di wilayah kerja Morowali Utara.

“kami pilih media yang memiliki wartawan dan perwakilan di sini agar lebih mudah meliput setiap tahapan Pilkada di sini “ kata Bung Uchi,sapaan Akrab Yusril Ibrahim.

Untuk mekanisme standarisasi pembiayaan yang akan dikeluarkan sudah tertuang di dalam RKA KPUD Morut yang dilakukan secara terbuka dan transparan kepada media.

“Pembiayaan publikasi ini untuk kegiatan sosialisasi dalam bentuk pemberitaan umum, maupun gelondongan, mulai dari biaya proses pencalonan bakal calon hingga pada penetapan pasangan calon,” jelas Uci.

Sementara standar biaya liputan debat kandidat dan iklan kampanye Visi Misi Paslon selama 14 hari juga akan dipublikasikan oleh media mitra KPUD Morut.

“Meski demikian dalam MoU masing-masing media diminta ikut melampirkan legalitas perusahaannya, termasuk nantinya akan dikenakan pemotongan pajak,” pesannya.***

Penulis : Rudini

Editor   : Heru