Beranda leisure Jadi Narsum Pada Dialog Akademik,Walikota Palu Berbagi Ilmu Dengan Mahasiswa

Jadi Narsum Pada Dialog Akademik,Walikota Palu Berbagi Ilmu Dengan Mahasiswa

1519
0
Walikota Palu,Hidayat memberikan materi singkat diacara seminar Akademik yang dilaksanakan oleh oleh Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Untad Palu pada Jumat, (6/12/ 2019). {Foto:Imron}

Palu,Portalsulawesi.com– Wali kota Palu,  Drs. Hidayat, M.Si menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Dialog Akademik yang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Untad Palu pada Jumat, (6/12/ 2019).

Kegiatan yang bertempat di Aula Senat Lama FISIP Untad ini mengangkat tema “Inovasi dan Reformasi Birokrasi Menuju Indonesia Maju dalam Era Eksponential Change.”

Wali kota menyampaikan bahwa dalam tema pembangunan Pemerintah kota Palu yakni “Palu Kota Jasa Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Taqwa” misi keempat ingin mewujudkan Rasionalisasi Birokrasi Pemerintah Kota Palu yang efisien dan efektif berbasis budaya.

“Dalam misi tersebut kami tidak menggunakan kata ‘reformasi birokrasi’ namun ‘rasionalisasi birokrasi’. Karena reformasi itu sangat luas,” ujar Wali kota.

Menurut Wali kota, terdapat 3 (tiga) unsur di dalam birokrasi khususnya birokrasi Pemerintahan yaitu kelembagaan, ketatalaksanaan, dan sumber daya aparatur.

Dalam sumber daya aparatur inilah, Wali kota menginginkan para ASN khususnya para pejabat di lingkup Pemerintah kota Palu mampu menerjemahkan apa saja yang akan terjadi kedepan dengan inovasi-inovasi yang dilakukan.

“Banyak pejabat yang hanya terpaku dengan aturan. Bukan berarti kita tidak mengikuti aturan, tetapi buatlah inovasi-inovasi yang tetap berdasar dengan aturan yang ada,” ungkap Wali kota.

Wali kota juga mengatakan ada dua arah pembinaan karir ASN yakni jabatan struktural dan jabatan fungsional. Kalau ada pemangkasan jabatan struktural, katanya itu tidak jadi masalah.

“Memang jabatan struktural ini terlalu sempit ruang gerak kita. Saya pun inginkan jabatan struktural dibatasi dan jabatan fungsional dibuka secara luas agar lebih spesifik,” lanjutnya.

Selain itu, dihadapan para mahasiswa FISIP Untad Palu, Wali kota berpesan agar dimanapun nantinya para mahasiswa ini bekerja, jangan sekali-kali pikir uang dan jabatan, namun bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan membuat sesuatu yang betul-betul berdampak bagi masyarakat.***

Sumber : Humaspro Pemkot Palu