Beranda EKOBIS DPW PSI Sulteng : Stop Pelatihan Online Kartu Pra Kerja

DPW PSI Sulteng : Stop Pelatihan Online Kartu Pra Kerja

30
0
Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Mohammad Jaya ( FOTO : Munawir M. Kaili )

Palu, PortalSulawesi.com. DPW PSI Sulteng sebagai salah satu pendukung pemerintah, meminta pemerintah untuk meninjau ulang dan membatalkan program kartu pra kerja yang saat ini digulirkan pemerintah. Faktanya program yang menelan anggaran triliunan rupiah ini selain waktunya yang dianggap kurang tepat ditengah situasi pandemic saat ini juga ditengarai cacat prosedur.

 

“sebagai partai pendukung pemerintah kami sebenarnya mendukung program kartu Prakerja yang digagas oleh Presiden Jokowi semasa kampanye, karena menurut kami gagasan tersebut sangat relevan dengan tantangan yang akan dalam persaingan dunia kerja, namun ternyata implementasi yang kemudian kita dapati hari ini ternyata jauh panggang dari api” ungkap ketua PSI Sulteng yang ditemui di sela-sela kesibukannya (04/05/2020).

Jaya Juga menjelaskan Faktanya praktek yang terjadi saat ini menurutnya tidak lebih dari sekedar program beli video, nonton dan dapat sertifikat tanda telah selesai menonton video katanya sambil tersenyum, sedang output yang dihasilkan tidak jelas dan tidak bisa diukur, sehingga program ini lebih cenderung pada pemborosan anggaran Negara karena hanya menguntungkan platform digital sebagai penyedia konten, sedang nilai tambah yang didapat oleh peserta sendiri minim atau bahkan nihil.

Akan sangat bijak jika kemudian pemerintah menarik ulang pas anggaran pelatihan online tersebut dan merelokasinya menjadi bantuan jaring pengaman sosial untuk mengurangi dampak penyebaran wabah covid19, toh menurut pemerintah sendiri kalau program pra kerja yang dilakukan saat ini memang lebih ditujukan untuk menolong mereka yang terkena PHK.

Anggaran ini lebih baik digunankan untuk memperkuat kemampuan penanganan medis dan atau sebagai cadangan anggaran untuk ketahanan pangan sebagai antisipasi jika wabah ini berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

Sedang untuk kelanjutan dari program pelatihan dalam kartu Prakerja ini ketua DPW PSI Sulteng yang biasa disapa Bro Jaya ini mengatakan untuk sementara ditunda sampai wabah covid19 ini hilang, sehingga nantinya pelatihan bisa dilakukan dengan tatap muka langsung antara peserta dan instruktur pada lembaga-lembaga pelatihan yang memang kompeten dengan materi yang sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSF). Dengan metode ini saya kira hasilnya akan jauh lebih tepat sasaran dan luarannya pun akan jauh lebih diterima oleh dunia kerja.

“Kami mendesak pemerintah membatalka program pelatihan online kartu prakerja, alihkan anggrannya untuk penanganan wabah covid19, untuk kartu pra kerja sendiri lakukan kaji ulang dan sempurnakan sesuai tujuan awalnya sebagai tempat meningkatkan skill pencari kerja” Tutup ketua DPW PSI Sulteng.

 

Editor : Nawir



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.