Beranda EKOBIS Walikota Palu Hadiri Penyerahan DIPA Kota Palu Tahun 2020

Walikota Palu Hadiri Penyerahan DIPA Kota Palu Tahun 2020

1933
0
BERBAGI
Walikota Palu,Hidayat M.Si tampak bergurau dengan Drs.Longki Djanggola selaku Gubernur Sulawesi Tengah dengan didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Sulawesi Tengah, Irfa Ampri . usai menerima DIPA Tahun 2020 ,Jumad (22/11/2019) di Palu. (foto :Humas Pemkot)

Palu,Portalsulawesi.com- Walikota palu,Drs.Hidayat M.Si menghadiri sekaligus menerima Daftar isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kota palu Tahun Anggaran 2020 dari Pemerintah Propinsi Sulawesi tengah selaku perwakilan pemerintah Pusat di Daerah.Jumad (22/11/2019)

DIPA Tahun 2020 diserahkan langsung oleh Drs.Longki Djanggola selaku Gubernur Sulawesi Tengah dengan didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Sulawesi Tengah, Irfa Ampri .

Selain Kota Palu,12 Kabupaten serta beberapa Lembaga Negara di propinsi Sulteng juga menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan daftar alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk tahun anggaran 2020.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Sulteng, Irfa Ampri di Palu, Jumat menyebut total DIPA dan TKDD 2020 yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 senilai Rp24,7 triliun.

“DIPA yang dialokasikan bagi Sulteng berjumlah 458 DIPA dengan nilai total Rp7,67 triliun, detilnya yakni DIPA bagi satuan kerja (satker) pemerintah pusat berjumlah 14 DIPA dengan nilai Rp1,9 triliun,” urai  Irfa.

Selain itu , DIPA bagi satker kantor daerah sebanyak 382 DIPA sebesar Rp5,2 triliun dan DIPA yang menjadi kewenangan satker pemerintah daerah (terkait dengan dekonsentrasi dan tugas perbantuan) berjumlah 62 DIPA senilai Rp409,6 miliar.

“Sementara dana TKDD yang dialokasikan di Sulteng tahun anggaran 2020 mencapai Rp17,13 triliun, terdiri dari dana perimbangan Rp15,17 triliun, dana insentif daerah Rp344,7 miliar dan dana desa Rp1,6 triliun,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, transfer dana bagi hasil Rp512miliar, transfer dana alokasi umum (DAU) Rp10,1 triliun, dana alokasi khusus fisik (DAK) Rp2,5 triliun dan DAK non fisik Rp2 triliun.

Gubernur Sulteng,Longki Djanggola menghimbau para penerima DIPA dan TKDD agar dapat memanfaatkan tersebut semaksimal mungkin dan utamanya dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Saya mengimbau realisasi anggaran dilaksanakan di awal tahun agar tidak menumpuk di akhir tahun,” terangnya.

Longki Djanggola juga berpesan agar untuk memaksimalkan serapan anggaran agar para penerima DIPA dapat melaksanakan lelang Paket Pekerjaan sebelum dimulainya Tahun Anggaran 2020,hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo saat menyerahkan DIPA di Istana negara.***

Penulis : Afdal