Beranda lipsus Kunjungi Palu,Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Huntap Korban Bencana

Kunjungi Palu,Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Huntap Korban Bencana

270
0
BERBAGI
Presiden Jokowi memberikan arahan terkait percepatan pembangunan Hunian tetap dihadapan para menteri,Kepala BPBD Pusat serta Gubernur dan walikota Palu serta Bupati Sigi ,selasa (29/10/2019) {Foto:Portalsulawesi|


Palu, Portalsulawesi.com– Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo tiba dibandara Mutiara Sis Al-Jufri dalam rangka kunjungan kerja di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (29/10/2019).

Kedatangan Presiden Jokowi bersama Ibu negara Iriana Joko Widodo di Palu, disambut langsung Menteri sosial Juliari Batubara, Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, Pangdam XIII/MDK Mayjen TNI Tiopan Aritonang SIP, Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Herianto, M.Si, Ka Binda Brigjen Pol Aries Wahyu. S, Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita, Danlanan Palu Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang, Dandim 1306 Kolonel Inf Widya Prasetyo, para Asisten Kodam XIII/MDK dan Forkopimda Provinsi Sulteng.

Pesawat Khusus Kepresidenan Boing 737-800 Bussiness Jet 2 BBJ-2/A-001 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu, sekira Pukul 11.06 Wita usai melakukan kunjungan di Ambon untuk meninjau posko pengungsi gempa.

Turut mendampingi Presiden Jokowi diantaranya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljino, Kepala BNPB Letjend Doni Munardo, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rahman dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Dari Bandara,Presiden Jokowi langsung bertolak ke lokasi pembangunan hunian tetap di Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga serta pembangunan huntap di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu.

Kepada wartawan,Presiden Jokowi mengatakan pembangunan hunian tetap di Kelurahan Duyu dan Tondo sebelumnya terkendala oleh status lahan yang masih dikuasai oleh pemilik HGB,akan tetapi masalahnya telah selesai dengan dicabutnya Hak Guna Bangunan (HGB) dibeberapa Lokasi  pembangunan Hunian Tetap oleh pemerintah.

“Jadi sebenarnya lambat pembangunan huntap bukan karena pekerjanya atau keuangan, tetapi permasalahan tanah. Sekali lagi masalah tanah, akan tetapi sudah diselesaikan dengan pemerintah setempat,” kata Jokowi.

Pematangan lahan sudah dipercepat oleh PUPR sehingga tidak ada lagi permasalahan dalam proses pembangunan huntap. Dan bisa dipastikan korban bencana sudah bisa menempati huntap sebelum Lebaran tahun 2020,”ungkap Jokowi di lokasi huntap Tondo.

Usai melakukan peninjauan lokasi huntap untuk para korban gempa, tsunami dan likuifaksi di kota Palu, Jokowi dan rombongan pulang menuju Jakarta.***

Penulis : Heru