Beranda EKOBIS Mesin Perekam Pajak Bakal Dipasang di 30 Restoran dan Enam Hotel di...

Mesin Perekam Pajak Bakal Dipasang di 30 Restoran dan Enam Hotel di Muna

402
0
BERBAGI
Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Muna Ari Asis saat dijumpai awak media di kantornya, Foto : La Ode Alim


Sultra-Muna, Portalsulawesi.com- Demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui sektor pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Muna, bakal memasang alat perekam pajak dengan menerapkan sistem online di beberapa restoran dan hotel di kota Raha.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Muna, Ari Asis mengatakan, ada 36 mesin alat perekam yang sudah ada dan akan dipasang di 30 restoran dan enam hotel di kota raha.

Dia melanjutkan, Alat ini bakal dipasang dan berlaku mulai, senin (16 September 2019), guna menarik pajak untuk daerah sebesar 10 persen secara otomatis dan dipantau secara online.

“Pemilik hotel dan restoran akan terbantu dengan alat perekam pajak, bahkan mempermudah mereka memisahkan harga dan besaran pajak yang akan diterima Pemda Muna. Bagi pemilik restoran dan hotel yang mencoba bermain dan melawan sistem yang berlaku, maka akan diberi sanksi teguran sebanyak tiga kali dan bisa berujung sanksi berat yaitu penutupan restoran ataupun hotel,” kata Ari Asis saat di temui di kantornya, senin (9/9/2019).

Dia menuturkan, Alat perekam pajak online ini, pemilik restoran dan hotel tidak repot, karena dengan menekan tombol akan keluar struk pembayaran. Untuk restoran, harga makanan dan besaran pajak langsung terpisah, begitu juga dengan hotel, akan muncul harga kamar,londri dan pembayaran lainnya serta besaran pajaknya.

“Sistem perekam pajak online bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan dipantau langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi melalui sistem online,” ungkap mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muna Ari Asis.

Saat ini, dalam memajukan pendapatan daerah, kita lagi merapikan data sasaran pajak sehingga dalam mengambil kebijakan, itu berbasis data, tutupnya.

Laporan : La Ode Alim